31.1.10

Pelatihan P3K, memperluas ruang kebermanfaatan..



Apa yang akan kita lakukan ketika meliaht korban kecelakaan seperti ini??

Melakukan pertolongan pertama bukan?? P3K??
Lalu apa itu P3K??

P3K adalah pertolongan pertama yang diberikan jika terjadi suatu kecelakaan atau penderita sakit sebelum datangnya petugas medis seperti petugas ambulan, dokter, perawat dan lainnya yang bertujuan untuk menyelamatkan jiwa, mencegah cacat dan memberikan rasa nyaman terhadap korban.

Seseorang yang menguasai ilmu dan keterampilan ini mempunyai kemampuan memberi pertolongan pertama dalam keadaan darurat sesuai batas kewenangannya. Dengan kemampuan ini, mereka dapat menolong diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Tak banyak orang yang menguasai ilmu dan keterampilan ini. Oleh karena itu, suatu kewajaran ketika melihat banyak orang yang hanya merasa kasian, diam, dan hanya bisa berdoa ketika melihat korban kecelakaan seperti diatas. Mungkin setiap kita pernah merasakan hal seperti itu bukan??

Lalu apakah sebuah kewajaran jika mahasiswa kedokteran yang bersikap seperti itu??
Tak wajar nampaknya, karena hal seperti ini adalah ranah mereka. Cukup miris ketika tahu sebagian besar mahasiswa kedokteran pun belum memiliki kemampuan ini. Oleh karena itu, sebuah pelatihan P3K untuk seluruh mahasiswa FK Unpad pernah kami lakukan untuk menjawab keterbutuhan itu atas tanggung jawab sosial yang melekat pada setiap kita.



* pelatihan para trainer P3K di departemen anastesi RSHS..

Adapun materi yang dibawakan adalah:
1. Basic life support (bantuan hidup dasar)
2. Luka dan Shock
3. Fraktur dan Pembidaian
4. Transportasi dan Evakuasi

Sebuah pembelajaran untuk kebermanfaatan yang lebih luas.






* suasana pelatihan P3K pada saat itu..


* kita yang berpartisipasi, untuk sebuah kontribusi..

0 comments: