27.5.11

Volunteer Doctors: wujud realisasi mimpi




Berawal dari hati. Untuk terus mengabdi. Memberikan persembahan dari hati yang tak mati. Sebuah kulminasi dari semangat individu yang kini menjadi semangat kolektif. Untuk mengabdi dan berkontribusi untuk umat. Memberi apa yang mampu kita beri dengan kapasitas yang dimiliki. Dinamis dan fleksibel dalam pergerakan, membentuk keluarga, tak sekedar partner kerja. Dengan kemauan, kesungguhan dan keberanian selalu bertransformasi untuk memformulasikan komposisi terbaik, menjadi wahana membangun idealisme dan mewujudkan mimpi-mimpi bagi bangsa.

Volunteer Doctors (VOL-D), menjadi perwajahan atas mimpi itu. Menjadi lembaga non profit yang bergerak di bidang sosial-kesehatan-kemanusiaan. Berbasis orang-orang kesehatan, namun tetap terbuka untuk umum. Mencoba merepresentasikan arah nya dalam visi "Menjadi wadah penyaluran jiwa sosial, sarana pembelajaran, dan tempat berkontribusi untuk umat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki."

Menyelenggarakan berbagai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang tepat guna, Memberikan pelayanan optimal dengan kompetensi inti yang dimiliki, serta Memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki menjadi misi yang melatarbelakangi mengapa VOL-D ada dan bagaimana VOL-D mencapai arahan yang telah ditentukan tadi.

Berbagai kegiatan sosial-kesehatan-kemanusiaan seperti balai pengobatan, bantuan medis, tanggap bencana, recovery dan rehabilitasi bencana, penyuluhan, pelayanan kesehatan, pelatihan, pemeriksaan kesehatan, community development, pembinaan serta kegiatan-kegiatan sosial lainnya menjadi wujud konkret dari apa yang dikomitmenkan bersama.

Aktif di luar dan solid di dalam. Menjalin kerjasama dengan berbagai mitra strategis, belajar banyak dari elemen luar, menebar manfaat, dan tetap menjaga ikatan hati antara elemen pembangun VOL-D.

Hingga sekarang, bersama mitra strategisnya, VOL-D telah memberikan pengobatan gratis untuk ribuan orang di berbagai tempat, memberikan bantuan medis dalam fase tanggap bencana hampir di setiap bencana yang terjadi terutama di wilayah Jawa Barat, juga menjalankan recovery dan rehabilitasi setelahnya.

Selain itu berbagai upaya promotif preventif berupa edukasi kesehatan melalui penyuluhan telah dilakukan untuk ribuan orang di berbagai tempat dan berbagai kalangan, mulai dari murid TK hingga masyarakat lanjut usia. Pendampingan medis untuk berbagai lembaga, organisasi, dan kegiatan atau acara kerap dilakukan. Pembinaan kesehatan menjadi agenda yang diperhatikan, pembuatan kurikulum kesehatan dan monitoring kesehatan ratusan anak jalanan, hingga pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi kader telah dilakukan.

Pelatihan kesehatan pun telah dilakukan untuk ribuan orang dari berbagai kalangan di berbagai kegiatan, dengan beragam materi kesehatan. Memeriksa kesehatan ribuan orang, mulai dari kalangan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD), pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat lanjut usia (lansia) juga telah dilakukan, dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut untuk ribuan murid PAUD hingga siswa SD menjadi agenda yang masih dilakukan hingga kini. Pendampingan orang-orang dengan HIV/AIDS pun menjadi salah satu agenda yang diperhatikan.

Hingga kini yang tergabung di keanggotaan Volunteer Doctors meliputi mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Psikologi, Kebidanan, Analis Kesehatan, dan Fakultas Teknik. Juga mahasiswa Program Profesi Dokter, Dokter Gigi, Ners, Bidan, Apoteker, Sarjana Teknik dsb. Keanggotaannya terdiri dari lintas fakultas, dan universitas (Unpad, ITB, UIN, Poltekkes, dll).

Penghargaan sebagai “Inspiring Student Social Movement” Kategori Pelayanan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana Alam dari Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia, juga "Young Changemakers 2012" dari Ashoka Indonesia telah diraih lembaga ini pada tahun 2012. Lembaga ini pun kini sempat dijadikan ikon dan liputan oleh beberapa media, seperti majalah, maupun koran nasional.

Ini hanya sebagian cerita dari berbagai kegiatan sosial yang kami lakukan, semoga ini bisa jadi pemantik semangat kita untuk terus mengabdi, melayani, berkontribusi :)



Bagi yang ingin mengenal lebih jauh Volunteer Doctors, bisa mengakses blog kami di  http://volunteerdr.blogspot.com , tergabung di group FB VOLUNTEER DOCTORS (Relawan), Fans Page FB Volunteer Doctors, mengikuti lini masa kami di twitter @VolunteerDoctor , atau melihat video kami di  http://www.youtube.com/watch?v=NQn8t0YrjOg&feature=youtu.be&t=36s juga mengunduh video lainnya di http://www.4shared.com/video/HV1rI4Y0/vol-D.html .

Untuk tawaran kerjasama, donasi, informasi terkait Volunteer Doctors, silakan mention ke @VolunteerDoctor , atau bisa menghubungi 081802296583.

Volunteer Doctors, -mengabdi, melayani, berkontribusi-

0 comments: