6.2.10

Membanjiri kembali korban banjir..

Seperti yang diberitakan di media cetak atau elektronik, hampir di semua kawasan Indonesia sedang ditimpa musibah banjir, termasuk di beberapa daerah di Kabupaten Bandung seperti Rancaekek, Majalaya, Citepus dan Baleendah.

Ratusan rumah di empat desa Kecamatan Rancaekek,Kabupaten Bandung, terendam banjir.Hal serupa juga kembali dialami korban banjir langganan Kampung Cieunteung,Kelurahan/ Kecamatan Baleendah.

Tepatnya di Desa Rancaekek Wetan, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ratusan rumah tergenang dengan ketinggian air 50 hingga 180 centimeter akibat meluapnya sungai.

Besar atau kecil volume air yang menggenangi pemukiman warga, tetap saja menimbulkan kerugian. Banyak di antara mereka yang kehilangan harta benda, serta terjangkit berbagai penyakit.

Siapa yang salah atau siapa yang harus bertanggung jawab, adalah pertanyaan yang harus dikembalikan kepada kita semua. Keseimbangan alam adalah tanggung jawab kita semua, dan peduli terhadap sesama yang sedang dilanda musibah adalah tanggung jawab kita juga.

Sebagai bentuk kepedulian, Korps Relawan Salman (KORSA) dengan Tim Operasional Kerja Gerakan Ayo Sehatnya berupaya memberikan sebuah pelayanan terhadap masyarakat korban banjir. Rencana awal nya kami akan turun di daerah Cieunteung, Baleendah. Namun, berdasarkan informasi dari rekan-rekan relawan lain yang sudah berada disana, ternyata daerah cieunteung sudah sangat banyak mendapatkan bantuan, terlebih di hari yang sama pelayanan medis pun dilakukan disana.

Berkontribusi! Bergerak berdasar keterbutuhan. Berdasarakan rekomendasi dari beberapa relawan lain pun, akhirnya kami turun di daerah rancaekek wetan, tepatnya desa kaum, untuk melakukan pelayanan kesehatan, balai pengobatan gratis untuk korban banjir di daerah sana. Terlebih, disana masih minim bantuan medis. Sebagai seorang mahasiswa kedokteran yang menuntut ilmu di daerah Jatinangor, bergerak kedaerah terdekat, salah satunya rancaekek, memang sebuah keharusan dibanding bergerak ke daerah lain yang lebih jauh, sementara daerah terdekat pun masih memerlukan. Hal ini pun memberikan nilai lebih terhadap pemilihan tempat di rancaekek, yang kami rasa sudah cukup tepat.



* suasana balai pengobatan di daerah rancaekek, desa kaum..


* anamnesis, diagnosis, dan pemberian resep..


* peracikan dan pembagian obat gratis...

* Korps Relawan Salman, Mitra Strategis, Salah satu ladang penyaluran semangat dan kebaikan..

* kami yang coba membanjiri korban banjir dengan semangat memberi.. :)

0 comments: