31.1.10

wali pohon: sebuah bentuk harmonisasi...


* dimana temanku??

Pohon yang terpisah tumbuh dari rekan rekannya.Terkesan sendirian padahal di gunung Argopuro ini vegetasi pepohonanya cukup lebat.Foto ini sengaja diambil salah satu anggota national geographic untuk penggambaran kondisi pohon - pohon di gunung - gunung lain di Indonesia yang makin mengkhawatirkan.

Kondisi hutan yang tersebar di berbagai daerah Indonesia saat ini memprihatinkan. Sebagian hutan sudah gundul dan tidak ditumbuhi pohon lagi.

Sedikitnya 47 juta kondisi hutannya sudah rusak, dan 42 juta keadaannya sudah tidak berpohon lagi, akibat penggundulan. Sehingga tidak heran, di negara Indonesia banyak bencana alam dan longsor.

Sebuah harmonisasi manusia dan lingkungan nya, setelah sebelumnya bersama rekan-rekan Universitas Padjadjaran menyukseskan acara GO GREEN dengan menanam 5000 pohon dilingkungan Unpad, maka kini giliran teman-teman fakultas kedokteran Unpad yang coba melakukan harmonisasi dengan sebuah gelaran yang bertajuk WALI POHON, sebuah penanaman pohon dan perawatan selama 5 tahun untuk pohon yang ditanam di gunung Kareumbi.

Karena pengabdian harus terintegrasi, tak hanya pada manusia, tapi juga terhadap sistem yang terintegrasi bersamanya, lingkungan!





* wali pohon: sebuah bentuk harmonisasi...


* teman-teman suksesor wali pohon...

0 comments: