4.2.10

Jatinangor Project, sebuah contoh pengaplikasian data surveilans...

Masalah kesehatan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, oleh karena itu secara operasional masalah-masalah kesehatan tidak dapat diselesaikan oleh sektor kesehatan sendiri, diperlukan tatalaksana terintegrasi dan komprehensif dengan kerjasama yang harmonis antar sektor dan antar program, sehingga perlu dikembangkan subsistem surveilans epidemiologi kesehatan..

Dalam sistem ini yang dimaksud dengan surveilans epidemiologi adalah kegiatan analisis secara sistematis dan terus menerus terhadap penyakit atau masalah-masalah kesehatan dan kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit atau masalah-masalah kesehatan tersebut, agar dapat melakukan tindakan penanggulangan secara efektif dan efisien melalui proses pengumpulan data, pengolahan dan penyebaran informasi epidemiologi kepada penyelenggara program kesehatan.

Memberikan treatment sesuai etiologi nya, begitupun kita melakukan tindakan, kegiatan, program, harus berdasarkankan pada masalah dan kebutuhan yang ada.

Jatinangor Project, sebuah program untuk pengembangan dan peningkatan kualitas kesehatan terintegrasi di berbagai desa di wilayah Jatinangor. Dan untuk itu, pengumpulan data surveilans pun kami lakukan guna memnuhi kebutuhan, menjawab masalah, sehingga program yang dikerjakan nantinya tepat guna dan tepat sasaran.



* suasana wawancara dalam pengumpulan data di desa cileles, Jatinangor..

Walau pun mungkin agak sulit setiap kegiatan kita harus dengan sistematika pengumpulan data survailans, apalagi untuk program yang kecil, tapi bergerak sesuai kebutuhan itu tetap menjadi keharusan, setidaknya survey kita lakukan sebelum memulai setiap program, harus ada analisis masalahnya !


* suasana survey untuk peringatan hari gizi..

0 comments: